.

<FONT FACE="georgia" color="Black"> welcome to WWW.study123english.blogspot.COM : It's time to learn English Differently!

Jumat, 05 April 2013

Globalisasi Turut Merubah Kepribadian Bangsa

Globalisasi merupakan sesuatu yang bersifat multidimensional. Banyak yang menggambarkan globalisasi sebagai sebuah gejala ekonomi, dengan fakta munculnya banyak perusahaan multinasional dan transnasional yang beroperasi melintasi batas-batas Negara. Munculnya perusahaan-perusahaan yang demikian ini membawa pengaruh yang besar diantaranya mempengaruhi proses produksi global, distribusi barang serta distribusi tenaga kerja. Meskipun kekuatan ekonomi merupakan bagian yang terkait erat dengan globalisasi, tetapi  sebuah kekeliuran jika kita beranggapan bahwa globalisasi merupakan gejala ekonomis atau gejala politik yang mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah.
            Globalisasi juga mempengaruhi kehidupan pribadi masyarakat kita secara mendasar dalam banyak hal. Mungkin tidak bisa dipungkiri jika kehidupan pribadi kita telah dirubah ketika kekuatan globalisasi ini mengalir masuk ke dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat. Kekuatan ini mengalir baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu melalui perantara manusia, maupun media seperti surat kabar, radio, televisi, internet, serta melalui individu-individu dari Negara atau kebudayaan lain.
            Globalisasi dapat mengubah kehidupan keseharian kita. Ketika masyarakat mulai mengalami perubahan secara mendalam, maka sarana-sarana yang sebelumnya menyokong kehidupan masyarakat pelan-pelan mulai kurang memadai dalam menjawab hal-hal yang kita butuhkan. Hal ini memaksa kita mencari hal baru untuk memenuhi kebutuhan kita akan informasi dan hiburan yang semakin meningkat.
            Berkembang pesatnya teknologi komunikasi membantu kita untuk mengetahui lebih luas informasi dan pengetahuan baru. Tidak hanya di daerah atau di sebuah Negara, tetapi juga di luar negeri. Teknologi yang semakin canggih membuat batas antar ruang dan waktu menjadi semakin sempit. Dua orang yang tinggal di belahan bumi lain seperti seseorang di Indonesia dengan orang yang tinggal di Amerika dapat bercakap-cakap, mengirim gambar secara langsung dengan bantuan satelit dan media lain yang terhubung secara langsung atau on-line. Hal yang demikian ini mendorong dan menuntut kita untuk mengubah dan menggeser kebiasaan lama kita menjadi lebih moderen dengan mengikuti perkembangan masyarakat global serta perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang menyertainya. Dengan kata lain, globalisasi mampu mengubah kebiasaan seseorang, masyarakat bahkan mampu mengubah kepribadian bangsa dengan berbagai macam hal yang menyertai perkembangannya. 

By Dwi Era Rusmawati, S.Pd (Assignment of Bahasa Indonesia, Class 2010)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms